Rabu, 18 Februari 2009

Roda Gigi


Roda gigi pada dasarnya mempunyai 2 jenis profil atau kontur gigi dalam pembuatannya yaitu profil berbentuk evolvente dan sikloida. Dari profil itu digunakan sesuai tempat dan kedudukan yang berbeda. Evolvente biasa digunkan untuk transmisi berat dan kecepatan ringan, sedang dan berat , dapat digunakan diluar box ataupun tidak.contohnya gear box yang sering diaturkecepatannya. Sedangkan Sikloida dapat digunakan untuk transmisi putaran ringan dan sebagai penghubung antara gear yang jaraknya berjauhan contohnya roda rantai pada sepeda motor.
Roda gigi evolvente juga dibedakan lagi dari beberapa jenis fungsi yang antara lain Roda gigi lurus, Roda gigi payung, Roda gigi cacing, Roda gigi helix, Roda gigi miring dan lain -lain.
Roda gigi Lurus penerapannya pada poros yang saling sejajar mempunyai profil yang lurus, dengan putaran ringan dan sedang. Sedangkan roda gigi Payung dapat diterapkan pada bagian yang saling tegak lurus /berpotongan dengan mempunyai sudut antara 30 60 90 samapi 120 derajat. Roda gigi dimungkinkan untuk tempat yang membutuhkan sudut tertentu untuk mentransfer perputaran tersebut. Roda gigi Cacing biasanya untuk mengubah putaran tinggi sampai putaran terendah dengan pasangan antara roda gigi dengan porosnya dengan perbandingan 1 : 20 dapat dimungkinkan .Roda gigi helix dipergunkan untuk perputaran tinggi dan beban yang berat dengan meniadakan aksial yang sangat kecil. Untuk perhitungan setiap roda gigi dan pembuatan roda gigi akan dibahas pada bagian yang lain

1 komentar: